Post-Power Syndrome adalah masalah mental pada pensiunan, dimana pensiunan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri setelah melepas jabatan atau kariernya.

Seorang pensiunan yang mengalami sindrom ini akan mengalami rasa kehilangan atas kuasa dan hilangnya identitas yang menimbulkan gejolak psikis hingga stress yang mendalam akibat merasa tidak lagi memegang peran atau tanggung jawab yang mereka anggap penting.

Setelah seseorang memasuki masa pensiun tentunya akan terjadi perubahan total dalam hidupnya, dan mereka yang tidak bisa menerima perubahan inilah yang cenderung mengalami post power syndrom.

Beberapa gejala atau ciri-ciri dari Post Power Syndrome Pada Pensiunan:
  1. Ketidakpastian Identitas: Pensiunan menganggap jika mereka bukan lagi orang penting hingga timbul rasa kehilangan identitas atau peran mereka di lingkungan baru
  2. Ketidakpuasan dan Rasa Hampa: Kehilangan kekuasaan dapat menyebabkan rasa kecewa dan hampa, terutama jika pekerjaan tersebut memberikan kepuasan dan identitas positif sebelumnya.
  3. Kesulitan Menyesuaikan Diri: Kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan peran dan rutinitas yang baru, serta kehilangan jaringan sosial dan dukungan.
  4. Stres dan Kecemasan: Kondisi ini seringkali menyebabkan stres dan kecemasan luar biasa yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seperti hipertensi hingga depresi
  5. Ketidakpastian Tentang Masa Depan: Orang yang mengalami post-power syndrome sering merasa tidak yakin tentang arah hidup mereka selanjutnya

ada banyak pandangan tentang masa pensiun, ada yang gembira karena terbebas dari rutinitas dan tanggung jawab selama bekerja dan banyak juga yang merasakan kebingungan tentang apa yang harus di kerjakan setelah pensiun hingga memandang masa pensiun sebagai masa yang menakutkan.

kekhawatiran inilah yang sering menyebabkan terkena post power syndrome akibat berakhirnya jabatan dan kekuasaan yang di miliki setelah pensiun sehingga pensiunan tidak bisa berfikir realistis dan menerima jika dirinya saat ini sudah pensiun. Meskipun bukan penyakit kejiwaan serius, Post Power Syndrome Pada Pensiunan jika dibiarkan dapat menganggu kesehatan fisik dan mental.

Baca juga : Keterampilan Manajemen Stres untuk Para Pensiunan, Training Psikologi Pensiun

______________________
Pensiun Bernilai merupakan komitmen GOUKM GROUP untuk memberikan perubahan dalam menyelenggarakan program masa persiapan pensiun yang berdampak langsung dan nyata. Agar senantiasa para pensiunan menjalani masa purnabakti dengan siap sesuai rencana. Maka program Pensiun Bernilai akan berusaha mewujudkan rencana harapan para pensiunan dengan konsep pensiun terintergrasi berbasis solusi.

PT Eventama Solusi Kreatif (GOUKM Group)
Call / Whatsapp : 0813 8831 9900 (Vira) / 0812 8897 7785 (Defi)
Email : marketing@goukm.id
Instagram : @Goukm.official