Training Pensiun Pelatihan Kewirausahaan ini diberikan kepada calon pensiunan ASN Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia dengan konsep pelatihan yang dirancang untuk berwirausaha di masa pensiun.

Kegiatan MPP ini dilakukan selama 3 hari pada tanggal 2 – 4 desember 2019. Materi pertama yang didapatkan para peserta adalah Psikologi pensiun, meskipun kegiatan ini ditujukan untuk memulai usaha  peserta tetap diberikan materi persiapan pskilogi pensiun.

Penting bagi calon purnabakti memiliki gambaran keadaan psikologi yang akan terjadi Ketika memasuki masa pensiun agar bisa menentukan sikap yang harus diambil, karena bukan tidak mungkin peserta mengalami post power syndrome.

Post power syndrome adalah kondisi psikis yang sering dialami seorang pensiunan, dimana pekerja yang tadinya memiliki banyak pencapaian dan jabatan secara tiba tiba harus melepas semua itu yang menimbulkan rasa kehilangan hingga bisa memicu stress bahkan depresi.

Masih di hari yang sama, kegiatan di lanjutkan dengan sharing session pengalaman purnabakti berwirausaha bersama Johan Yunarto, S.Pt dengan Tema Mental, Motivasi, dan Experience : Pensiun ASN to be an Entrepreneur.

Pada hari ke dua peserta diberikan materi Kewirausahaan dan Business Model Canvas. Menggunakan camilan sebagai salah satu case bisnis, peserta diajak untuk memahami proses perencanaan bisnis seperti memahami prilaku konsumen, branding, konsep dasar dan level level produk agar menarik dan juga tahap promosi.

Pada materi business model canvas peserta diajak mencoba merencanakan bisnis ke dalam 8 kolom model yaitu : Segmen pelanggan, penawaran nilai, channel, aliran pendapatan, sumber daya, aktivitas kunci, kemitraan dan struktur biaya. Bisnis model ini nantinya akan membantu peserta untuk menjalankan bisnis dan mendapatkan investor.

Pada hari ke tiga peserta di berikan materi digital marketing untuk mengembangkan usaha yang akan mereka jalani, disini peserta diberikan pemahaman bagaimana caranya memanfaatkan dunia digital untuk marketing dan channel apa saja yang bisa mereka gunakan untuk bisnis online.

Program Training Pensiun Kewirausahaan ini memang dirancang untuk menyiapkan mental dan psikologis agar peserta lebih siap dalam memasuki masa pensiun. Utamanya, program ini dirancang untuk melatih peserta siap menjadi seorang wirausaha setelah pensiun. Selama tiga hari kegiatan, peserta telah dilatih baik secara mental dan psikologis hingga persiapan-persiapan menjadi seorang wirausaha.

Informasi dan konsultasi seputar layanan edukasi terintegrasi Program Masa Persiapan Pensiun Potensi Learning & Development, Anda dapat menghubungi:

PT Eventama Solusi Kreatif (GOUKM Group)
Call / Whatsapp              : 0813 8831 9900 (Vira) / 0812 8897 7785 (Defi)
Email                                 : marketing@goukm.id
Website                            : www.pensiunbernilai.com